wirausaha online

Senin, 26 Mei 2008

TERCIPTANYA HYBRID LAMPU


Akan tetapi banyak dari kita sering mambuang begitu saja lampu XL bekas yang sudah mati, padahal electronic ballast yang ada di dalamnya masih bisa digunakan untuk menyalakan bolam lampu.Tetapi di pasaran tidak tersedia komponen lampu XL, yang banyak tersedia adalah bolam lampu TL. Mengingat kugunaan yang dimiliki oleh sebuah electronic ballast itulah maka penulis bereksperimen menggabungkan antara electronic ballast dengan bolam lampu TL.
Pada lampu hybrid ini komponen balast dan starter digantikan oleh komponen bekas lampu XL atau sebuah elektronic ballast berdaya 5 watt untuk menyalakan sebuah lampu tabung berdaya 10 watt.
Rangkaian lampu ini memiliki kabel input tegangan 220 AC yang berwarna hitam dan merah serta memiliki empat buah kawat output. Tegangan tinggi disalurkan ke lampu TL melalui melalui dua kawat output dari rangkaian tersebut yaitu kawat nomor 1 dan 3. Sedangkan fungsi starter pada lampu hybrid ini digantikan oleh sebuah capasitor kecil berwarna hijau yang tertanam pada rangkaian yang disalurkan melalui kawat nomer2 dan 4. (Gambar Atas)

Tidak ada komentar: